Breaking

Minggu, 26 Agustus 2018

Pantes Menang Terus, Ini 6 Alasan Timnas China Jago Banget di Olahraga




Liu Xiang meraih medali emas di Asian Games 2018 (Antara News)

Jambideadline.com- China dikenal sebagai negara penghasil atlet-atlet berbakat yang memiliki segudang prestasi dari berbagai macam bidang olahraga di antaranya bulu tangkis, renang, dan masih banyak lagi.

Hal ini terlihat dari perolehan medali yang berhasil mereka dapatkan dalam berbagai macam turnamen olahraga sob, sebagai contoh dalam 5 gelaran olimpiade terakhir, negeri tirai bambu tersebut total memperoleh 379 medali dan 175 di antaranya adalah emas.

Saat artikel ini ditulis, China sudah mengumpulkan 60 medali emas di Asian Games 2018, sehingga mereka duduk manis di peringkat pertama. Sementara di peringkat keduanya, Jepang, mengumpulkan 26 medali emas. Bedanya jauh banget! 

Penasaran nggak sih, kenapa China jago banget di olahraga?

Langsung aja deh HAI bagiin buat kalian 6 alasan mengapa timnas China sering menang ketika mengikuti turnamen-turnamen olahraga.

1. Program Kebugaran Masal

Program Kebugaran Masal (China Daily)

Pada tahun 1995, China meluncurkan sebuah program kebugaran masal yang diterapkan dalam jangka waktu 15 tahun dengan tujuan membangun sistem layanan olahraga dan pembangunan kesehatan bagi masyarakat di sana.

Ada sekitar 620.000 gimnasium dan stadion yang boleh digunakan serta terbuka untuk umum tersebar pada seluruh wilayah Chinayang terpusat di Beijing dengan standar nasional.

Bahkan terdapat juga pusat kebugaran yang dibangun di ruang publik seperti taman umum, alun-alun, sekolah, dan lokasi lain yang nyaman.

Liu Xiang meraih medali emas di Asian Games 2018 (Antara News)

2. Olahraga Usia Muda

Pembinaan olahraga di usia muda (Sina English)

Setiap sekolah di China memiliki pendidik fisik yang bertugas melatih kebugaran para siswa, dan apabila mereka nggak lolos standar, murid-murid tersebut nggak diperbolehkan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebh tinggi sob.

China juga mengadakan turnamen olah raga tingkat sekolah dan universitas tiap empat tahun sekali, dengan jaminan pemain yang mampu tampil baik akan mendapatkan program latihan khusus.

3. Sekolah Khusus Olahraga

Sekolah khusus olahraga (Wall Street Journal)

Anak-anak di China yang nggak terlalu berminat dalam hal pelajaran bisa mengalihkan passion mereka salah satunya di bidang olahraga, karena di negara tersebut memiliki banyak sekolah khusus olahraga.

Para siswa yang menuntut ilmu di sekolah khusus olahraga pun dijanjikan tunjangan bagi para atlet yang mampu bermain dalam level tertentu, jadi mereka nggak perlu susah-susah memikirkan lagi cara untuk mencari duit.

Total ada hampir 5000 sekolah khusus olahraga yang tersebar di China dan telah berhasil memproduksi atlet-atlet yang telah mempersembahkan kemenangan bagi negaranya.

Liu Xiang meraih medali emas di Asian Games 2018 (Antara News)

4. Program Latihan Terpusat

Program latihan terpusat (Business Insider)

China mengalokasikan dana yang didapatkan dari pajak sebagai suntikan bagi program latihan terpusat untuk memantau perkembangan para atlet dari berbagai macam cabang olahraga berbeda.

Alokasi dana besar ini berarti merupakan kabar baik bagi para atlet karena mereka juga akan mendapatkan gaji tinggi yang bisa memicu semangat untuk meraih kemenangan.

5. Taktik Jitu untuk Menambah Perolehan Medali

Atlet tenis meja nomor 1 dunia asal China, Fan Zhendong (Bolasport)

Negeri tirai bambu ini selalu memiliki taktik jitu dalam tiap pertandingan demi memaksimalkan kesempatan mereka meraih medali, salah satunya dengan mencari keunggulan serta kelemahan lawannya dan selalu membuat rencana untuk memperbaiki penampilan di masa depan.

Sebagai contoh, pada Olimpiade Sydney 2000, China bisa dibilang nggak terlalu baik dalam olahraga trampolin, namun setelah belajar dari kesalahan mereka mampu meraih emas di kategori putra dan putri di gelaran 8 tahun selanjutnya.

6. Putra dan Putri Sama Rata

Liu Xiang meraih medali emas di Asian Games 2018 (Antara News)

Banyak negara yang mengabaikan para atlet wanita mereka, namun hal tersebut nggak berlaku bagi China sob.

Negeri tirai bambu ini memberikan perhatian yang sama bagi atlet pria maupun wanita sob, dan terbukti pada Olimpiade 2008 cewek-cewek olahragawan China itu malah mampu membawa emas lebih banyak dengan perolehan total 29 medali.

Nah itu dia sob, semoga Indonesia bisa mencontoh cara-cara di atas dan mengikuti jejak China dengan meraih banyak medalidari berbagai turnamen olahraga.

Ayo Indonesia bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman