Breaking

Selasa, 19 Februari 2019

Banyak Pungutan Disekolah - Sekolah ? Ini Kata Kejari Sungai Penuh

Kejaksaan Negeri Sungai Penuh Akan Tindak Tegas Pungli Disekolah


Jambideadline.com,SUNGAI PENUH. Marak nya pungutan pungutan di sekolah yang berbentuk komite dan LKS yang di bebani ke siswa yang berimbas ke pendidikan bila mana tidak dibayar siswa tidak bisa mengikuti ujian. Dalam hal ini sebagaimana telah diterang kan dalam UU Permendikbud No 75 Tahun 2016. Pasal 12 tidak dibenarkan pihak sekolah pungut biaya apapun ke siswa. Namun permendikbud tersebut seperti tidak berlaku beberapa sekolah di kota sungai penuh. Pungutan yang dilakukan tersebut jelas pungli juga telah mengangkangi Permendikbud. UU No 75 Tahun 2016. Pasal 12.

Saat Awak media mengikuti Hearing dengan Rekan rekan LSM bersama Kajari Sungai penuh ROMI ARIZYANTO.SH.MH. yan didampingi Kasi Pidsus Manto dan Kasi Datun Aan supriadi. Diluar kontek pembahasan awak media mempertanyakan tentang pungutan di sekolah yang berbentuk komite dan LKS. Dalam hal ini Kajari sungai penuh ROMI ARIZYANTO.SH.MH. Menuturkan. Pungutan apapun alasan nya baik berbntuk komite ataupun lain sebagainya sudah termasuk kategori pungli.

” Pungutan yang berbentuk Komite atau pun LKS sudah dikatakan pungli. Dalam permendikbud kan sudah diterangkan tidak dibenarkan memungut uang apapun kesiswa.

Ia menambahkan,Kalau memang itu terjadi di sekolah - sekolah yang ada di kota sungai penuh maupun kabupaten kerinci nanti akan kami laku tindakan. 

"Akan kami panggil pihak terkait. Bila memang terbukti ini akan kami serahkan ke polisian yang akan menindak karena termasuk pidana umum,"bebernya.

Lanjut Romi,pihaknya berpedoman pada cyber pungli, Sesuai dengan kepres tentang cyber pungli, mengingat dan menimbang bahwa tujuan dari cyber pungli itu adalah memperbaiki sistem bukan penindakan. 

"Pungli bukan termasuk korupsi. Ini dikategorikan ke tindak pidana umum. Kewenangan nya ada di Polres. Nanti kami akan berkoordinasi sama polres untuk menangani masalah pungutan sekolah apa pun bentuk pungutan nya seperti LKS Komite. Kami akan berusaha mencari solusinya agar jangan ada lagi pungutan di sekolah pungkas Kajari Sungai Penuh.     ROM ARIZYANTO.SH.MH  dalam penyampaiannya pada Hearing yang diadakan bersama rekan rekan LSM. (die)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman