Breaking

Kamis, 21 Maret 2019

KPU Kota Sungai Penuh Gelar Bimbingan Teknis Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Dan Penetapan Hasil Pemilu 2019

Jambideadline.com,Sungai Penuh,-Komisi Pemilihan Umum KotaSungai Penuh menggelar bimbingan teknis  Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara dan penetapan Hasil Pemilu untuk panitia pemilihan kecamatan  se- Kota Sungai Penuh.Acara tersebut, digelar di hotel Arafah dimulai pada tangal 20 maret sampai berakhir pada tanggal 21.
Hadir pada acara tersebut , Komisioner KPU Provinsi Jambi Devisi Teknis M.Sanusi, SAg. MH dan didampingi Komisioner KPUD Kota Sungai Penuh Ir.Irwan dan Devisi Teknis KPUD Kota Sungai Penuh Eis Dapid Lendra.

Dalam arahannya,Komisioner KPU Provinsi Jambi Devisi Teknis M.Sanusi, SAg. MH mengatakan,Pemahaman penghitungan dan rekapitulasi suara sangat penting sekali untuk dipahami oleh PPK agar dapat lebih dipahami lagi oleh KPPS, karena menjadi bagian krusial dalam pemilu 2019 dan tidak terjadi distorsi informasi.

Lanjut dia, pelaksanaan Pemilu 2019 dengan menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden-wakil presiden menjadikan tugas penyelenggara pemilu menjadi cukup banyak.

Karena itulah diperlukan sikap yang cermat terutama saat memberikan surat suara ke pemilih atau saat melakukan penghitungan suara termasuk menyusun dan mengisi formulir berita acara.

" Pada pemilu 2019 ini,dibutuhkan petugas KPPS yang sangat jeli dan teliti saat rekapitulasi hasil perhitungan suara,hal ini dikarenakan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden-wakil presiden menjadikan tugas penyelenggara pemilu menjadi cukup banyak dan membutuhkan stamina yang kuat,"Ujarnya.

Ia menambahkan,berdasarkan aturan, proses penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) sudah harus dapat diselesaikan pada hari yang sama dengan pelaksanaan pemungutan suara yaitu pada 17 April.

Selain itu, lanjut dia, petugas di TPS harus benar-benar cermat dalam memberikan surat suara karena dimungkinkan tidak semua pemilih akan memperoleh lima jenis surat suara, khususnya pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tambahan yang membawa formulir A5.

"Surat suara juga harus dimasukkan sesuai dengan kotaknya. Bisa dilihat dari keterangan warna yang ada di surat suara dan kotak suara," katanya.

"Setelah dihitung di tingkat TPS, petugas akan langsung membawanya ke PPK namun diterima terlebih dulu oleh PPS.Rekapitulasi kemudian dilakukan di tingkat PPK berdasarkan hasil penghitungan suara dalam formulir yang diserahkan,"ungkapnya.Dia berharap petugas di TPS bisa menyelesaikan penghitungan suara tepat waktu.

Untuk diketahui Di Kota Sungai Penuh terdapat 295 tempat pemungutan suara termasuk di satu  di Rumah Tahanan,"jelas Sanusi Komisioner KPU Provinsi Jambi.(Die)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman