Breaking

Selasa, 30 April 2019

Bupati Dan Wakil Bupati Dianugerahi Gelar Sko Kehormatan Tigo Luhah Semurup




KERINCI - Sebagai bentuk penghormatan atas jasanya, masyarakat dan kaum adat Semurup menganugerahi Bupati Kerinci, Adirozal, dan Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher gelar kehormatan dari adat tigo lurah semurup.

Gelar kehormatan ini diberikan kepada kedua pemimpin Kerinci ini pada acara Kenduri SKO Tigo Lurah Semurup, pada Minggu (28/4)

Pada acara tersebut Bupati Kerinci, H Adi Rozal diminta langsung menuju rumah Gedang Rajo Simpang Bumi Dusun Gedang Semurup, pemasangan baju adat, karena gelar sko, diberikan mulai dari Rajo Simpang Bumi yang memberikan gelar kepada Bupati Kerinci Adirozal dengan gelar "Sibumi Tuo Makuto Alam".

Begitu juga dengan Wabup Kerinci Ami Taher, menuju rumah gedang Mangku Rajo pemasangan baju adat, karna gelar sko, diberikan mulai dari rumah gedang Mangku Rajo, yang memberikan gelar kepada Wabup Kerinci, Ami Taher dengan gelar "Depati Sibumi Putih Tanah Napuro Pemuncak Alam".

Selanjutnya, Bupati dan Wabup diarak menuju Umah Ninik Ajo Sangadu Dubalang, untuk proses penaikan Sko, pembacaan Khutbah Rajo, hingga pemasangan kris kepada Bupati dan Wabup Kerinci.

Turut hadir dalam acara tersebut, seluruh lembaga adat dan Depati ninik mamak Tigo Lurah Semurup, seluruh Kepala Desa Tigo lurah Semurup, serta seluruh masyarakat Tigo Lurah Semurup.

Pada kesempatan itu, Bupati Kerinci, H.Adi Rozal mengucapkan terimakasih atas Gelar Kehormatan Sko yang diberikan oleh adat Tigo Lurah Semurup kepada dirinya.

"Saya menganggap gelar kehormatan yang diberikan tersebut sebagai tantangan baginya untuk berkarya lebih baik lagi menuju Kerinci Lebih Baik,"ungkapnya.

Disampaikannya, kenduri Sko merupakan salah satu kebudayaan asli masyarakat Kerinci yang mengandung norma adat dan norma hukum.

"Saya menghimbau masyarakat untuk menjadikan Kenduri Sko dan adat-adat Kerinci lainnya sebagai filter terhadap pengaruh negatif perkembangan dan kemajuan zaman, diantaranya penggunaan dan peredaran narkoba yang semakin marak,"jelasnya.(die/adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman