Breaking

Kamis, 14 November 2019

Dinas PUPR Kota Sungai Penuh Gelar Sosisalisai Pengendalian Pemanfaatan Ruang Dan Izin Mendirikan Bangunan





Sungai Penuh,-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kola Sungai Penuh Kamis (24/11) gelar acara sosialisasi pengendalian Pemanfaatan ruang dan izin mendirikan bangunan.Acara tersebut dilaksanakan di aula Kanyor Walikota sungai penuh dan dihadiri Walikota Sungai Penuh H.Asyafri Jaya bakri,Forkopimda,SKPD,BUMD dan sejumlah tokoh masyarakat dalam Kota Sungai penuh.


Berdasarkan dengan hal tersebut,Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Sungai Penuh melalui Bidang Tata Ruang mengadakan Sosialisasi Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Izin Mendirikan Bangunan/IMB diTingkat Kota Sungai Penuh sesuai yang diamanatkan pada Permen PUPR Nomor 05/PRT/M/2016 tentang Izin Mendirikan Bangunan pada pada pasal 12 ayat (2) yang berbunyi Mewujudkan bangunan gedung yang memenuhi persyaratan adminstratif dan persyaratan teknis bangunan Gedung sesuai dengan fungsi dan tata ruang. yang diselenggarakan secara tertib untuk menjamin keandalan teknis bangunan Gedung dan Mewujudkan kepastian hukum dalam penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan/IMB. 

Walikota Sungai Penuh,Asyafri Jaya Bakri dalam sambutannya mengatakan,Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Sungai Penuh untuk Terwujudnya Perencanaan, Pemanfaatan dan Pengendalian Tata Ruang Kota Sungai Penuh di Sektor Pengendalian 
Pemanfaatan Ruang dan Izin Mendirikan Bangunan. 

"Melalui kegiatan Sosialisasi Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ini diharapkan tersosialisasinya pengendalian dan pemamfaatan ruang dan izin mendirikan bangunan ke seluruh stakeholder, camat. tokohtokoh adat, masyarakat serta para pelaku usaha yang ada diKota Sungai Penuh. Sebab, meski sebagian besar telah mengenal IMB, namun tidak semua memahami seberapa besar dan pentingnya sebuah bangunan yang telah memiliki Izin,"ungkap walikota. 

Sementara itu,Kabid Tata Ruang Kota Sungai Penuh,Ade Rama,ST
dalam paparannya mengatakan,semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan pemahaman kepada kita semua tentang pentingnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 



"Disini kami sampaikan juga bahwa Tahapan dalam proses pengurusan IMB adalah memenuhi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis, yang mana pengurusan lzin Mendirikan Bangunan/IMB dilakukan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Sungai Penuh dan melibatkan dinas teknis terkait dalam setiap tahapannya, yang rekomendasi teknis lzin Mendirikan Bangunan/IMB akan dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui Bidang Tata Ruang setelah dilakukan survey/pengecekan lapangan serta kesesuaian dengan peruntukan tata ruang berdasarkan RTRW/RDTR,"Ungkap Ade.

Ia,Menambahkan mamfaat dengan memiliki lzin Mendirikan Bangunan/IMB menandakan bahwa sudah mendapat kepastian hukum terhadap bangunan, yang berarti bahwa bangunan tersebut tidak mengakibatkan gangguan atau hal yang merugikan kepentingan orang Iain, selain itu bangunan tersebut sudah memiliki kelayakan, kenyamanan dan keamanan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan kegiatan sosialisasi ini sangat penting agar para peserta sosialisasi dapat memahami tentang aturan-aturan yang disampaikan oleh Narasumber nantinya dan mengetahui tata cara pengurusan IMB serta mamfaat dengan memiliki IMB. (die/adv)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman