Breaking

Jumat, 29 November 2019

Kasus Bencal Kerinci Tuntas Akhir Bulan Ini






Kerinci,– Upaya Kejari Sungaipenuh untuk menuntaskan dugaan kasus Korupsi Bencana alam (bencal) Kabupaten Kerinci mendapat respon positif dikalangan ativis pegiat anti korupsi Kerinci. Bahkan para aktivis meminta Kejari Sungai penuh tidak hanya memanggil para saksi dan ahli , akan tetapi juga mendesak agar segera dilakukan penahanan terhadap tiga tersangka yang telah ditetapkan.

Informasi yang dihimpun jambideadline.com ketiga tersangka yang berinisial A selaku PPK, SE dan WAP selaku pelaksana pekerjaan dikabarkan sudah dipanggil penyidik Kejari Sungaipenuh.Bahkan,saat ini kejaksaan Negeri Sungai Penuh sedang melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan ahli.


“Ketiga tersangka sudah kita mintai keterangannya,saat ini,kita masih memeriksa saksi dan ahli” kata, Kejari Sungai Penuh Romi Arizyanto,SH.MH.

Dirinya menegaskan bahwa kasus dugaan korupsi Bencana alam kerinci (bencal,red) akan tuntas pada akhir bulan November ini.

"Insya allah akhir bulan ini kasus ini bisa dituntaskan,"ungkap romi lagi.

Ditanya,apakah ketiga tersangka dugaan kasus bencana alam kabupaten Kerinci tersebut langsung dilakukan penahanan? dirinya mengatakan,kita lihat perkembangan terlebih dahulu kedepannya.

"kita lihat perkembangannya terlebih dahulu,yang penting kasus ini segera tuntas,"jelasnya.

Sementara itu,aktivis senior pegiat anti korupsi LSM Jamtosc,Ikhsan Daraqtoni kepada awak media jambideadline.com mengatakan,meminta agar supremasi hukum benar-benar ditegakkan dalam penanganan kasus dugaan korupsi yang menggunakan anggaran senilai Rp 5 Miliar yang dikelola BPBD Kerinci tersebut. Apalagi, nilai dugaan kerugian negara tidak kecil, yakni mencapai kisaran Rp 500 juta hingga Rp 700 juta.

“Ya, kita sangat mengapresiasi Kejari Sungaipenuh telah berhasil mengusut kasus dugaan korupsi dana Bencal Kerinci, kita akan terus mendukung. Bahkan jika perlu, kita para aktivis juga siap membantu jika diperlukan. Kita juga meminta agar supremasi hukum benar-benar ditegakkan dalam kasus tersebut,” terang Iksan daraqtoni tegas.

Hal senada juga diungkap Harmo Karimi Ketua LSM Getar kepada jambideadline.com,menurutnya,  penahanan tersangka dugaan korupsi penting untuk dilakukan, agar proses penegakan hukum dapat berjalan lancar sampai ke tahap persidangan.

“Kalau sudah positif tersangka dan bukti sudah terpenuhi, maka tidak ada alasan untuk tidak ditahan, apalagi ini kasus korupsi. Kita khawatir, jika tidak ditahan, maka proses hukum tidak berjalan mulus, bisa saja tersangka tidak kooperatif atau kabur dari Kerinci. Oleh sebab itu kita meminta agar para tersangka segera ditahan oleh Kejari Sungaipenuh,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada Kejari Sungaipenuh untuk mengusut tuntas kasus dugaan korupsi tersebut. Siapapun pihak yang ikut terlibat, kata dia, harus segera ditindak dan ditetapkan status hukumnya.

“Harus diusut sampai tuntas, siapapun yang terlibat. Kerugian negara ini tidak kecil. Kita para aktivis akan terus mendukung pemberantasan korupsi uang negara di Kabupaten Kerinci ini,” jelas harmo karimi.(tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman