Breaking

Sabtu, 09 November 2019

Komunitas Bonsai Sakti Perkenalkan Tanaman Endemik Di HUT Kota Sungai Penuh Ke-11




SungaiPenuh,-Komunitas Bonsai Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi memamerkan sejumlah bonsai hasil kreasi dari tanaman endemik Kota Sungai Penuh.

"Tanaman endemik, seperti jenis beringin,anting putri,cendrawasih,jeruk kingkit,sisir,mustam dan lain-lain cukup indah dan tidak kalah dengan jenis tanaman lain dari luar daerah," kata Hermantoni pengurus Komunitas Bonsai Kota Sakti.

Melalui pameran bonsai yang digelar dalam menyemarakkan HUT Kota Sungai Penuh ke-11 tersebut pihaknya berharap bisa menjadi ajang promosi dan memopulerkan bonsai tanaman lokal.

Puluhan bonsai berbagai ukuran dan jenis yang dipajang di halaman Pameran mendapatkan perhatian ratusan pengunjung setiap hari.

"Selain berpameran, kami juga melakukan praktik pembuatan dan perawatan tanaman bonsai, sekaligus sebagai ajang silaturahim para penggemar dan pelaku usaha bonsai," katanya.

Ketua Komunitas Bonsai Kota Sakti, yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Sungai Penuh mengatakan,tujuan pameran, selain untuk dijual yang bisa meningkatkan perekonomian anggotanya juga sebagai upaya memasyarakatkan untuk tanaman endemik berjenis bonsai.

"Tanaman endemik Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci cukup banyak dan memiliki nilai jual tinggi, kami berharap bonsai bisa memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat dengan tetap mempertimbangkan kelestarian alam yang ada," katanya.

Tanaman bonsai yang dipamerkan walaupun ada yang telah sesuai standar tapi belum seluruhnya mengikuti standar kriteria bonsai, seperti bentuk akar, batang, ranting dan pencabangan.

Melalui wadah komunitas yang sudah ada, pihaknya berharap para pelaku bonsai di daerah itu terus belajar dan salin mendukung agar mudah mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan. (die/adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman