Breaking

Selasa, 11 Agustus 2020

Pembelian Puluhan Motor N-Max Menuai Sorotan Dari Dewan.Andi :Pembelian motor N-Max saat ini tidak terlalu penting



SUNGAIPENUH - Pembelian motor Yamaha N-Max untuk para kepala desa di Sungaipenuh, menuai sorotan. Pasalnya, motor dinas ini dibeli menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan menghabiskan dana cukup besar, yakni lebih dari Rp 1,9 miliar. 60 Kades mendapatkan jatah masih-masing satu unit sepeda motor seharga Rp 32.800.000.

Sorotan muncul dari anggota DPRD Kota Sungaipenuh. Sebab, 60 unit motor ini dibeli saat masyarakat sedang berjuang melawan covid-19.


 
Andi Oktavian, Ketua Komisi I DPRD Kota Sungaipenuh, sebagai mitra kerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyayangkan pembelian motor di tengah pandemi ini. Bahkan di tingkat nasional saja kata dia, anggaran dipotong untuk hal yang tidak terlalu mendesak.


 
"Pembelian motor sekelas N-Max ini tidak terlalu penting saat ini, meskipun sudah dianggarkan di tahun 2019. Kalau kondisi masyarakat normal, tidak masalah. Tapi saat ini sedang dilanda musibah, jadi tentu tidak tepat," kata Andi. 

Lanjutnya, seharusnya dana tersebut bisa digunakan untuk hal yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat. "Kita tidak melarang pembeliannya, tapi alangkah baiknya ditunda sampai covid-19 berlalu, bisa ditunda sampai 2021," katanya.


 
Sementara itu, Kabid Pemdes Dinas PMD Kota Sungaipenuh, Zaini mengatakan, pembelian motor N-Max sudah diusulkan di tahun 2019, dan pengadaannya tahun 2020. "Pembelian sudah sesuai dengan perencanaan, usulan pengadaan motor tersebut di tahun 2019, pengadaan tahun ini," katanya.

Dikatakan, Zaini, Pemdes tidak dalam kapasitas mengusulkan agar kades menganggarkan motor tersebut. Pemdes hanya mengevaluasi usulan APBDes, apakah sudah sesuai atau tidak.


 
Kata dia, pengadaan motor N-Max sudah mendapat restu dari Wali Kota Sungaipenuh. Tidak ada larangan, sejauh dana tersedia untuk pembelian motor. Karena Pemdes hanya siapkan evaluasi, tidak dalam hal membatalkan perencanaan dari desa. (Die)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman