Breaking

Kamis, 24 September 2020

Aneh, Realisasi Dana BUMDES Dikota Sungai Penuh Tak Jelas, Zaini : Zaini Kita Tidak Tahu pasti

 


SUNGAIPENUH- Hingga saat ini realisasi anggaran BUMDES yang dikelola Pemerintahan Desa dalam Kota Sungai Penuh dipertanyakan masyarakat.


Informasi yang diterima sejumlah desa di Kota Sungai Penuh telah merealisasikan dana BUMDES yang jumlahnya ratusan juta, namun sampai saat ini tidak ada kejelasan realisasi BUMDES yang bersumber dari dana desa tersebut.


"Setiap desa punya anggaran BUMDES, namun tidak jelas realisasinya. Ini bisa kita lihat disejumlah desa di Kota Sungai Penuh, hanya beberapa BUMDES yang aktif, seperti Karya Bakti dan Sungai Jernih,"ungkap Yudi salah seorang warga.


Hal ini perlu dipertanyakan, untuk itu dirinya selaku warga Sungai Penuh meminta pihak Inspektorat dan aparat hukum bisa menindak dan menyelidiki aliran dana BUMDES tersebut.


"BUMDES ini merupakan salah satu sumber pedapatan Desa, yang nantinya memberikan azas manfaat dan PAD bagi desa. Bukannya malah dihabiskan begitu saja,"terangnya.


Seperti sejumlah desa di Tanah Kampung dan Kecamatan Kumun Debai, seperti salah satu desa di Kecamatan Tanah Kampung diduga menyalahgunakan dana BUMDES, lantaran tidak jelas peruntukannya dalam pengelolaan dana BUMDES tersebut


"Kita sempat mempertanyakan pada saat rapat desa, kemana dana BUMDES kita. Katanya sudah cair, namun diperuntukkan menanam pepaya,"jelas sumber.


Sementara itu, Kabid pemdes Kota Sungai Penuh zaini ahmad dikonfirmasi media ini, justru tidak tahu pasti mengenai realisasi dana bumdes.


'Saya tidak tau pasti, yg jelas tahun ini terpokus kepada BLT,"ujarnya singkat. (Die)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman