Breaking

Kamis, 03 September 2020

Banjir Bandang Terjang Lolo Gedang, Anggota Dewan Dan Dinas PUPR Tanggap



KERINCI - Tingginya curah Hujan  yang mengguyur sejak Kamis (3/9) pagi hingga sore, menyebabkan sejumlah desa di Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci diterjang banjir bandang.

Dari pantauan di lokasi, ada beberapa desa yang terkena dampak banjir bandang yakni Lolo Hilir, Lolo Gedang, dan Pasar Kerman.

“Tak hanya dikarenakan curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan penyempitan dan pendangkalan Sungai di Lolo Gedang.Sehingga Air meluap hingga ke pemungkiman rumah warga,” sebut joko, salah seorang warga Lolo Gedang.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanggap Darurat Dinas PUPR Kabupaten Kerinci, Syafrida dikonfirmasi media ini mengatakan, ada tiga desa di Bukit Kerman yang dihantam banjir bandang. 

"Ada sekitar 62 rumah yang terendam banjir. Banjir juga menggemamgi puluhan hektare lahan persawahan dan juga jalan," ungkap Syafrida.

Dikatakannya lagi, banjir yang terjadi kali ini kemungkinan disebabkan adanya erosi, pembangunan rumah yang tidak sesuai lagi dengan tata ruang, serta masyarakat yang memiliki kebiasaan membuang sampah ke sungai. 

Lebih lanjut, Dirinya mengatakan pihaknya telah menurunkan alat berat dan bantuan karung ke lokasi banjir bandang. 

"Hari ini alat dari pu sudah sampai dilokasi kalau air sungainya sudah surut besok (jumat,red) alat langsung bekerja untuk menormalisasi sungai dan pengerokan tumpukan sampah,"jelasnya.

Dilokasi yang sama, tampak hadir Anggota DPRD dapil V dari fraksi Gerindra, Andespa Kendora yang juga ikut membantu warga membersihkan sampah dari luapan sungai.Ditemui awak media ini dirinya mengatakan, salah satu penyebab dari banjir bandang ini yakni penyempitan dan pendangkalan sungai.Oleh karena itu, kita minta ke bidang tanggap darurat untuk segera menormalisasi sungai sesegera mungkin.

"Kita minta pihak dinas PUPR untuk segera mungkin melakukan normalisasi sungai ketika air sungai sudah mulai surut.Selain itu, kita juga sudah berkoordinasi ke Pihak LH, untuk dapat mengakomodir mobil truk sampah guna membantu Warga mengangkut sisa-sisa sampah dari luapan sungai,"ungkap Anggota DPRD Kerinci.(Die)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman