Breaking

Rabu, 23 September 2020

Meski Tak Ada Izin Dari Tim Gugus Tugas, Bimtek Kades Kerinci Tetap Digelar Dijambi



KERINCI - Kepala Desa se - kabupaten Kerinci mulai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar di Jambi. Bimtek Kepala Desa dan operator desa ini dilaksanakan secara bertahap. Ada empat gelombang pelaksanaan di Jambi. Pelaksanaan Bimtek Kepala Desa di tengah pendemi Covid-19, mendapat sorotan dari Anggota DPRD Kerinci.

Jon Efendi, Anggota Komisi I DPRD Kerinci, mengaku kaget. Sebab di tengah pandemi Covid-19 ini, masih ada pelaksanaan Bimtek Kepala Desa.

"Seharusnya ditunda. Karena Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kerinci tengah berusaha menekan angka penyebaran Covid-19," kata Jon Efendi.

Jon Efendi mengatakan, mengingat peningkatan jumlah kasus Covid-19 dalam satu pekan terakhir, disarankan agar Tim Gugus Tugas melaksanakan uji swab, minimal Kades pulang dari Bimtek harus diisolasi sebelum bergaul di tengah masyarakat.

"Ya, kami sarankan agar pulang dari Bimtek di isolasi atau di swab untuk mencegah Covid-19 di Kerinci," katanya.

Sementara itu, Hermendizal, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci mengaku, tidak mendapat kabar adanya Bimtek Kepala Desa di Jambi di tengah pandemi.

"Dak ado dapat info nyo," kata Hermendizal yang juga sebagai Jubir Covid-19 Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa kabupaten Kerinci, Sahril Hayadi, dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan Bimtek Kepala Desa di salah satu Hotel di Jambi.

"Benar ada Bimtek Kades di Jambi, acaranya tiga hari," katanya.

Sementara itu, Kabid Keuangan dan Aset Dinas PMPD Kerinci, David, saat dikonfirmasi juga membenarkan bahwa ada kegiatan Bimtek Kades di Jambi. Pelaksanaan Bimtek secara bertahap, ada empat gelombang pelaksanaannya.

"Untuk tahap satu, empat kecamatan, Kecamatan Gunung Kerinci, Siulak, Air Hangat Timur, dan Tancho. Selama tiga hari, untuk tahap satu selesai Rabu besok,” katanya.

Dia mengatakan, bahwa penanggung jawab kegiatan Bimtek ini adalah Apdesi Kabupaten Kerinci dan Pemdes Kerinci.

"Penanggungjawab Apdesi dan Pemdes. Dalam acara ini, Apdesi maupun Pemdes tidak mengambil uang retribusi apapun. Yang ada hanya dana penginapan dan pemateri yang langsung disetor Kepala Desa ke pihak hotel. Dananya Rp 2,2 juta untuk tiga hari kegiatan dan empat malam penginapan," katanya.

Ditanya apakah Bimtek di tengah pandemi sudah mendapat izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kerinci, David menjelaskan bahwa kalau dari Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kerinci tidak ada.  Namun pelaksanaan di Jambi, yang mengurus izin adalah pihak hotel.

“Katanya sudah ada surat dari Tim Gugus Tugas memberikan keringanan untuk acara ini," katanya. (Die /Ji) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman