Breaking

Jumat, 06 November 2020

Dinas PUPR Kerinci: PL Tidak Pernah Dikuasi Siapapun dan Sudah Sesuai Aturan

 


 KERINCI- Terkait isu paket PL dikuasi Adek Bupati Kerinci dan oknum DPRD Kerinci dibantah keras oleh Dinas PUPR Kerinci. Isu tersebut tidaklah benar, namun hal tersebut hanya cerita belaka. 

Hal ini dibantah langsung oleh Plt Kadis PUPR Kerinci Maya Novefri Handayati ST, dimana terkait isu yang kembang paket PL hingga saat ini belum digelar dan siapa yang dapat.

“Dinas PUPR Kerinci telah mengikuti aturan yang ada, dengan melakukan penayangan kegiatan pekerjaan yang ada melalui aplikasi LPSE tersebut sebagai bentuk transparansi dan itu juga tentu telah dilakukan,” ujar Maya.

Dijelaskan Maya, program Pembangunan Penunjukan Langsung ini memang akan digelar. Namun, siapa yang dapat itu telah sesuai aturan.

“Penunjukkan langsung melalui aplikasi LPSE 4.3 dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara transaksional dan non transaksional atau pencatatan. Perbedaan penunjukkan langsung transaksional dan pencatatan terdapat pada proses pemilihan penyedia. Penunjukkan langsung transaksional, pemilihan penyedianya dilakukan melalui LPSE yang sudah terintegrasi dengan penyedia yang terdaftar di aplikasi SiKAP,”  

Diketahui, Paket pekerjaan fisik maupun non fisik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dengan pagu dibawah Rp.200 juta melalui Pengadaan Langsung (PL) ditayangkan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Dalam Peraturan LKPP Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedia sudah dijelaskan bahwa untuk paket kegiatan PL ditayangkan di LPSE.

Selain itu juga di dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman