Breaking

Jumat, 17 September 2021

Mewakili Walikota, Kadis Pemdes Buka Pelaksanaan Bimtek BPD Di Jambi

- Memaksimalkan Peran BPD Dalam Mendukung Kinerja Pemerintah Desa Dimasa Pandemi Covid_19

Jambi,-Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang baik merupakan dambaan pemerintah maupun masyarakat. Dalam hal ini Pemerintah berkepentingan karena memiliki tanggung jawab konstitusional dalam mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat. Hanya dengan pemerintahan desa yang baiklah, pemerintah bisa mengemban amanah tersebut dengan baik. Demikian butir-butir sambutan Kepala Pemdes Syahran Efendi yang disampaikan pada saat pembukaan Bimtek BPD dijambi.

Lebih lanjut ,Sahran menjelaskan bahwa tugas pemerintah, khususnya dalam hal ini, adalah memperkokoh jajaran kelembagaan pemerintahan desa agar semakin professional dalam memberikan pelayanan publik. Selama masyarakat belum sejahtera, maka hal tersebut menjadi indikasi bahwa pemerintah desa sebagai ujung tombak mensejahterakan rakyatnya.

Dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pada prinsipnya negara mengakui hak asal usul dan sosial budaya masyarakat beserta hak tradisionalnya. Sehingga desa diharapkan bisa berkembang secara mandiri tanpa meninggalkan jatidirinya. Desa diberikan kewenangan mengurus dan mengatur hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa. Pemerintahan Desa yang terdiri dari Kepala Desa dan jajarannya, serta BPD dan jaringannya, menjadi elemen pembangunan pada garda terdepan yang harus mengelola segala potensi SDM dan SDA di desanya. Pemerintah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat bertanggung jawab dalam memberikan bimbingan dan pembinaannya.

"Pada Undang-Undang Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mempunyai peran yang strategis baik pada perencanaan pembangunan, pengawasan kinerja Kepala Desa maupun pada unsur legislasi. Untuk itu maka kapasitas pengurus BPD pun harus mampu mengimbangi kapasitas Kepala Desa dan jajaraannya dalam mengemban tugas negara dimasa pandemi,"ungkap Sahran.

Dilaporkan oleh penyelenggara, bahwa tujuan kegiatan Bimtek ini adalah dapat memaksimalkan peran Badan Permusyawaratan Desa dalam mendukung Kinerja pemerintah Desa dimasa pandemi covid_19.Sehingga dengan adanya keserasian kinerja Kepala Desa dan BPD sebagaimana diharapkan, maka desa mampu mempercepat dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian desa.

Untuk Diketahui Bimbingan Badan Permusyawaratan Desa dalam mendukung Kinerja pemerintah Desa dimasa pandemi covid_19 dilaksanakan bagi pimpinan dan anggota BPD se-Kota Sungai penuh pada tanggal 16-19 Di Kota Jambi, dengan jumlah peserta 164.(die)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman